08.00-16.00 (Minggu/Tgl Merah Libur)
085755861102
085755861102
58602FE7
cs@alami.co.id
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat

Friday, January 22nd 2016.

Nyut nyutan, cenat cenut, nyeri, bengkak dll, bikin kita emosi ketika rasa sakit gigi datang menyerang. Kalo sakit yang lain, seperti demam, flu, batuk dan semacamnya, mungkin masih bisa Anda tahan dengan istirahat atau berbaring sejenak. Tapi kalo sakit gigi? Serius mau ditahan? πŸ˜€

Sakit Gigi

Sakit Gigi

Makin tambah emosi lagi kalo sudah tau lagi sakit gigi, tapi ada orang ramai/berisik di sekitar Anda. Duuuh, ga tau nih lagi sakit hati?? Eh, sakit gigi.. ^_^

Jika sakit gigi datang, bawaannya pengen segera mengobatinya biar cepat hilang, cepat reda dan cepat sembuh. Betul tidak? Nah, karenanya, biar tidak lama-lama, ayo kita langsung aja bahas gimana caranya mengobati sakit gigi, terutama gigi berlubang, biar cepat hilang rasa sakitnya, biar tetep cantik dan ganteng.. πŸ™‚

Sakit Gigi

Sakit Gigi Kudu Tetep Cantik πŸ™‚

 

4 Step Cara Mengobati / Menghilangkan Sakit Gigi yang Paling Ampuh

Agar lebih mudah dipahami, pembahasan cara mengobati sakit gigi ini, saya bagi menjadi 4 tahapan, yaitu:

  1. Penyebab Sakit Gigi
  2. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan cepat (pertolongan pertama)
  3. Cara Mengobati Sakit Gigi (hingga sembuh total)
  4. Cara Merawat Gigi Berlubang (agar tidak kambuh lagi)

Berikut selengkapnya.

A. Penyebab Sakit Gigi

Penyebab Sakit Gigi

Penyebab Sakit Gigi

Well, sebelum melangkah lebih jauh ke metode penyembuhan sakit gigi. Anda harus tau dulu, kenapa gigi Anda bisa sakit, nyeri atau bahkan gusinya sampai bengkak. Dengan tahu alasannya, Anda bisa memilih mana metode yang tepat yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi tersebut.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang bisa membuat gigi Anda terasa sakit.

1. Gigi Kotor, Ini Penyebab Utamanya

Gigi Kotor

Gigi Kotor – Photo by: shutterstock.com

  • Pasti, gigi yang bersih tidak akan mungkin menimbulkan rasa sakit. Jadi ketika Anda sakit gigi, itu sudah pasti karena kotor. Kotor bisa beraneka ragam jenisnya. Bisa kotor karena plak (kotoran yang lama menempel), karena jarang sikat gigi, atau karena slilitan.
  • Gigi kotor karena plak dan jarang sikat gigi, jika dibiarkan lama akan jadi sarang untuk tumbuh kembangnya bakteri yang bisa merusak lapisan email gigi. Alhasil, gigi Anda akan mulai keropos, retak, dan akhirnya berlubang.
  • Sedangkan yang karena slilitan, meskipun gigi tidak berlubang, bisa saja akan terasa sakit. Biasanya ini terjadi ketika makan makanan yang seratnya cukup besar dan alot. Seperti daging misalnya. Sisa (kecil) makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, bisa menyebabkan akar gigi bergerak atau bahkan bergeser, ini akan menimbulkan rasa nyeri yang menyakitkan, bahkan gusi bengkak.

2. Gigi Berlubang

Gigi Berlubang

Gigi Berlubang – Photo by: SehatDokter.com

  • Gigi yang kotor tadi, bisa mengakibatkan gigi berlubang. Kalo sudah berlubang, malah lebih rawan lagi untuk terserang sakit gigi. Kotor sedikit, sakit. Kegoyang sedikit, nyeri. Jadi musti ekstra hati-hati.
  • Tapi selama kita rajin merawatnya, meskipun (sudah terlanjur) berlubang, kecil kemungkinannya rasa sakit itu akan kambuh lagi.

3. Capek, Otot Tegang, Peredaran darah tidak lancar

Akar Gigi

Akar Gigi – Photo by: Healthtap.com

  • Ntah ini mitos atau ilmiah. Tapi kebanyakan dari penderita, rasa sakit itu sering kambuh setelah mereka melakukan satu pekerjaan yang berat dan melelahkan, atau akumulasi dari banyaknya aktivitas yang dilakukan tanpa adanya upaya relaksasi untuk memulihkan kondisi badan. Seperti pijat atau istirahat yang cukup misalnya.
  • Karena ada juga orang yang meskipun β€œjarang sikat gigi”, giginya berlubang dll, tapi ia jarang mengeluhkan sakit gigi. Namun ketika otot mulai tegang (karena capek tadi), kambuhlah sakit giginya.
  • Tapi tetap, faktor utamanya dipicu karena gigi yang kotor. Karena jika tidak kotor, tidak mungkin sakit. Jadi, gigi kotor + nyeri otot = sakit gigi akut. Seperti itu. *bagi sebagian penderita

 

B. 3 Cara Paling Cepat Menghilangkan Rasa Sakit Gigi, Dijamin!

Nah sekarang, setelah tau penyebabnya, langkah selanjutnya adalah menemukan cara yang tepat untuk meredakan rasa sakit gigi secara cepat. Ini adalah pertolongan pertama ketika sakit gigi mulai kambuh ya, biar rasa nyerinya segera hilang. Jadi, dihilangkan dulu rasa sakitnya, kemudian nanti baru kita obati biar tidak kambuh lagi.. Okay? Siip… πŸ˜‰

1. Bersihkan Gigi, Segera!

Tadi apa penyebab sakit gigi yang paling utama?
~ Kotor.
Gigi akan sakit ketika?
~ Kotor.
Jika gigi tidak kotor, alias bersih, akan sakit tidak?
~ Tidak.
Jadi, kesimpulannya?
~ Jika gigi tidak kotor, maka gigi tidak akan sakit.

Yak, pintar sekali.. πŸ˜€

Gosok Gigi Rutin

Gosok Gigi Rutin

  • Jadi gitu ya, gigi tidak akan sakit jika gigi tidak kotor. Jika sakit berarti kotor, jika kotor maka harus dibersihkan. Bagaimana cara membersihkan gigi yang kotor?
  • Jika ada sisa-sisa makanan yang tersangkut, ambil dulu. Bersihkan dengan tusuk gigi atau semacamnya. Jangan gunakan logam, karena itu bisa merusak gigi Anda.
  • Pastikan semua area bersih, gosok gigi dengan pasta gigi.
  • Kumur dengan pembersih mulut seperti listerine, Betadine kumur atau semacamnya. Jika tidak ada, Anda bisa larutkan sedikit garam pada air hangat, gunakan untuk berkumur, dan jangan ditelan.

2. Minum Ponstan

Ponstan Asam Mefenamat

Ponstan Asam Mefenamat – Photo by: apotekmodern.com

  • Ponstan “Asam Mefenamat” adalah obat pereda rasa nyeri yang paling ampuh dan cepat serta aman untuk dikonsumsi. Jika Anda minum ini, rasa nyeri akan hilang seketika dalam 1/2 – 1 jam, bahkan kurang.
  • Tapi pastikan Anda sudah membersihkan gigi Anda seperti yang telah dijelaskan di langkah pertama tadi. Percuma jika Anda minum pereda rasa nyeri tapi gigi masih dalam keadaan kotor, yang ada nanti akan kambuh lagi dan kambuh terus.
  • Perhatikan dosis! Terutama untuk anak-anak. Karena meskipun aman, obat ini tergolong obat yang keras. Akan lebih baik jika dengan resep dokter.

3. Sumpal dengan Obat Kakak Tua

Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua – Photo by: apotekmodern.com

  • Ini adalah senjata pamungkas untuk meredakan sakit gigi dengan cepat, terutama gigi berlubang. Pasti reda, pasti hilang rasa sakitnya, dan pasti sembuh.
  • Tapi tidak disarankan untuk anak-anak, dan juga untuk Anda yang sangat memperhatikan efek jangka panjang.
  • Kenapa? Karena obat kakak tua ini, meskipun sedikit dan kecil kemungkinannya, bisa mengikis lapisan email gigi. Akibatnya, gigi Anda yang berlubang, dalam jangka waktu lama akan lebih keropos dan mudah lepas. Tapi ini jangka lama, mungkin 10-15 tahun kedepan.
  • Kok bisa tahu, sampai belasan tahun gitu? Karena dulu waktu saya kecil, ketika sakit gigi juga dipakein itu sama orang tua. Terbukti memang, obat kakak tua ini bisa menghilangkan rasa sakit gigi dengan sangat cepat, saat itu juga.
  • Tapi ya itu tadi, sekarang gigi saya hilang. Tapi ga apalah, wong sudah terlanjur berlubang juga, mending hilang daripada sakit-sakitan.. Hehe.. Sampai sekarang, sakit gigi saya sangat jarang kambuh. Kalopun kambuh, dibersihkan sebentar juga sudah reda, tidak sampai parah dan berlarut-larut.

So, keputusan ada di tangan Anda ya, saya hanya bisa berbagi tips dan pengalaman yang manjur bagi saya. Dan semoga juga bisa manjur untuk Anda. πŸ™‚

Itulah tadi cara mengatasi / menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat, sebagai upaya pertolongan pertama. Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah menjalani beberapa terapi dan juga metode perawatan gigi yang baik dan benar untuk mencegah kambuhnya sakit gigi Anda.

 

C. 5 Resep Obat Sakit Gigi Alami yang Paling Ampuh dan Mujarab

Ada beberapa resep obat sakit gigi alami yang bisa Anda gunakan untuk terapi perawatan maupun pengobatan.

Bagi Anda yang alergi obat atau lebih senang dengan metode pengobatan herbal, yang tentunya lebih aman dan nyaman untuk jangka panjang, Anda bisa menerapkan ramuan terapi ini untuk langkah pertolongan pertama juga, tanpa melakukan poin 2 dan 3 pada pembahasan sebelumnya.

Apapun jenis ramuan di bawah ini, akan bekerja dengan baik jika Anda sudah melakukan poin 1 (pertama) pada bab Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi tadi. Apa itu? Yup, membersihkan gigi.. πŸ™‚

Berikut resep ramuannya.

1. Bawang putih

Bawang dan Garam

Bawang dan Garam – Photo by: health.liputan6.com

Jude C. Todd, dalam bukunya yang berjudul Jude’s Herbal Homes Remidies, mengatakan bahwa bawang putih memiliki kandungan senyawa antiseptik yang sangat kuat. Kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan gigi Anda sakit, terutama pada gigi yang berlubang.

Caranya:

  • Ambil 1 siung bawang putih, bisa Anda haluskan atau dipotong menjadi kecil,
  • Kemudian tempelkan/masukkan pada gigi Anda yang berlubang/sakit.
  • Diamkan selama 5-10 menit.
  • Bersihkan, lalu kumur dengan air hangat, atau air garam (hangat)
  • Lakukan 2-3 kali sehari sampai gigi Anda benar-benar sembuh

2. Bawang Merah

Bawang Merah

Bawang Merah – Photo by: tribunnews.com

Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga bisa menjadi alternatif obat alami untuk mengobati sakit gigi. Caranya juga sama dengan langkah-langkah pada penggunaan bawang putih tadi. Ingat, pastikan gigi Anda bersih sebelum melakukan terapi ini.

3. Merica

Merica

Merica

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sejak dulu merica bisa digunakan untuk mengobati atau menghilangkan rasa sakit gigi. Resep ini sudah turun temurun digunakan para tetua kita, dan terbukti, Manjur.

Berikut caranya:

  • Ambil beberapa butir merica kemudian haluskan, bisa juga menggunakan merica bubuk
  • Tambahkan sedikit garam
  • Beri beberapa tetes air dan campur sampai rata hingga membentuk pasta
  • Oleskan pada gigi yang sakit atau berlubang
  • Diamkan selama 3-5 menit
  • Bersihkan, dan kumur dengan air hangat / air garam (hangat)
  • Lakukan secara rutin (sehari 1-2 kali) hingga sembuh total

4. Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh – Photo by: shuttershock.com

Hampir di seluruh bagian tanaman cengkeh mengandung minyak. Dalam minyak cengkeh terdapat kandungan zat yang memiliki sifat anestesi (yang dapat menyembuhkan luka), anti bakteri, anti oksidan dan anti inflamasi (pereda radang). Dalam kedokteran gigi, minyak cengkeh juga disarankan sebagai salah satu produk herbal yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Cara pemakaiannya:

  • Tuang 3-4 tetes minyak cengkeh pada 1/4-1/2 gelas air hangat
  • Gunakan gunakan untuk kumur
  • Atau,
  • Teteskan minyak cengkeh pada secuil kapas bersih
  • Oleskan pada gigi yang sakit, atau masukkan pada gigi yang berlubang
  • Biarkan selama 3-5 menit, kemudian kumur dengan air hangat
  • Lakukan 2-3 kali sehari hingga sembuh

5. Teh

Teh Celup

Teh Celup – Photo by: Kaskus.co.id

Sudah banyak yang tahu bahwa teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain bisa menyehatkan tubuh, teh juga bisa membunuh bakteri yang ada di mulut, termasuk bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Bagaimana caranya?

Ada 2 metode:

  1. Tuang seperti minum teh biasa tapi tanpa gula, lebih sepet (kental) lebih baik.
  2. Gunakan kantong teh yang sudah diseduh tadi, untuk mengompres gigi yang sakit.
    Caranya:
    • Ambil kantong teh yang sudah diseduh di air hangat
    • Dalam kondisi hangat, masukkan ke mulut dan dekatkan pada bagian gigi yang sakit atau gusi yang bengkak
    • Diamkan selama 3-5 menit
    • Mulut akan terasa pait, tapi tidak mengapa, yang penting sakit gigi reda.. πŸ™‚
    • Kemudian kumur dengan air garam hangat.

Nah, itu tadi 5 resep obat sakit gigi alami paling ampuh dan mujarab yang bisa Anda temui / dapatkan dengan mudah di dapur. Jadi, Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk cari obat sakit gigi lagi, keburu gag betah sama sakitnya.. Hehe..

Semoga dengan tips-tips dan resep ramuan obat herbal diatas, sakit gigi Anda akan segera reda dan sembuh total. Nah, kalo suda reda, kalo sudah sembuh, jangan sembrono lagi. Kebersihan dan kesehatan gigi/mulut harus tetep dijaga meski sedang tidak sakit, biar tak kambuh lagi.. Okay?

 

D. Inilah Tips Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Sakit Lagi

1. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

  • Sikat gigi secara teratur. Idealnya 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Jika perlu, sikat gigi langsung setelah makan.
  • Pastikan cara menyikat gigi Anda sudah benar. Baca : Cara menyikat gigi yang baik dan benar.
  • Gunakan pasta gigi khusus yang memiliki kandungan kalsium dan xylitol lebih tinggi
  • Kumur dengan obat kumur, bisa listerin, betadine kumur atau yang lain. Air garam hangat juga bisa.

2. Hindari capek berlebih dan otot tegang

  • Seperti pada poin 3 penyebab sakit gigi, otot tegang bisa jadi pemicu kambuhnya sakit gigi. Karenanya pastikan kondisi Anda selalu dalam keadaan rilex dan fit.
  • Jika memang pekerjaan Anda memaksa untuk melakukan aktivitas berat, kondisikan tubuh dengan sering melakukan relaksasi (minimal dipijat sendiri) dan juga istirahat yang cukup. Selain gigi tidak kambuh lagi, Anda akan dapat bonus tubuh yang selalu fit dan tidak gampang capek.. πŸ™‚

3. Hindari Makanan Penyebab Sakit Gigi

Makanan Manis

Makanan Manis – Photo by: food.detik.com

  • Hindari makanan yang terlalu manis dan terlalu masam, pilih yang sedang-sedang saja. ^_^
  • Intinya, masih poin nomor 1 penyebab sakit gigi, yaitu gigi kotor. Meskipun makan makanan yang (terlalu) manis atau (terlalu) asam, tapi tidak berlebihan dan tidak dibiarkan sisanya menempel dalam waktu yang lama, maka kemungkinan kambuhnya sakit gigi akan kecil.
  • Jadi boleh-boleh saja makan makanan manis atau asam, tapi langsung dibersihkan ya setelahnya.. πŸ™‚
  • Yang jelas dan sudah pasti tidak boleh adalah 1. makan makanan yang (terlalu) panas, 2. makanan yang (terlalu) dingin, dan 3. mencampur / makan makanan yang panas dan dingin secara bersamaan.
  • Misal: makan bakso panas, minumnya es degan dingin. Seedep siih, tapi ngenes kalo gigi kumat lagi.. πŸ™

Yuk, kita perhatikan dan praktekkan semua tips diatas. Agar makhluk yang bernama sakit gigi, segera hilang dan sirna dari kehidupan kita.. ^_^

+++

Well, akhirnya kita sampai di penghujung acara. Lhoh, kayak acara tivi aja.. Hehe..

Anda sudah selesai membaca Cara Alami Mengobati / Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat yang terdiri dari 4 bagian, mulai dari:

  1. Penyebab Sakit Gigi
  2. Cara Menghilangkan rasa sakit gigi
  3. Cara Mengobati sakit gigi
  4. Cara Merawat Gigi

Jika benar-benar diterapkan dengan baik dan sesuai panduan, sakit gigi Anda akan segera sembuh dan tidak akan kambuh lagi, insya Allah. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.. πŸ™‚

Gigi Kuat

Gigi Kuat – Photo by: cliparts.co

Kalo sudah praktek, dan berhasil, komen di sini ya. Sebarkan juga ke teman, tetangga atau keluarga, biar mereka yang punya keluhan sakit gigi, tidak menderita lagi.. ^_^

Semoga bermanfaat. πŸ˜‰

Pencarian Terkait:

obat kumur sakit gigi, obat kumur untuk sakit gigi, betadine kumur untuk gigi berlubang, listerine untuk gigi berlubang, Obat kumur, obat gigi berlubang dan gigi bergerak, Ramuan Alami Untuk gigi yg berlubang dan sering sakit sakitan, listerin untuk gigi berlubang, obat sakit gigi kumur, bensin obat sakit gigi

Obat Herbal Sekar Malam Solusi Keputihan

15%

Rp 149.000 175.000
Madu Anak Syamil Dates Honey

10%

Rp 31.500 35.000
Kapsul Binahong (Daun Binahong)

20%

Rp 40.000 50.000
Habis
Bio Zirzak Juice, Obat Herbal Kanker

10%

Rp 198.000 220.000
habis
Ekstrak Kulit Manggis Mangostana 88

24%

Rp 65.000 85.000
Habis
Bio Gisthon Juice, Anti Stroke dan Jantung

10%

Rp 207.000 230.000
habis

Cari Produk

Produk Bestseller